Beranda

Live Streaming

Program tvOne

Jadwal

Indeks

Karier

Tentang Kami

Anda & Pemilu

Minggu, 20 April 2014


Kabar Hukum

Kejagung Tetapkan Tiga Tersangka Korupsi KLH

Jumat, 21 Oktober 2011 17:07 WIB

Gedung Kejaksaan Agung

Jakarta, (tvOne) 

Kejaksaan Agung menetapkan tiga tersangka dugaan tindak pidana korupsi biaya perjalanan dinas 2007 sampai 2009 di Kementerian Lingkungan Hidup yang diduga merugikan keuangan negara sekitar Rp4 miliar. Ketiga tersangka itu, yakni, Mantan Kabag Keuangan Biro Umum KLH Amat Sukur, Kasubag Verifikasi Biro Umum KLH Sulaiman, dan Mantan Asdep Kelembagaan Lingkungan Hidup Puji Hastuti.

Kepala Pusat Penerangan hukum (Kapuspenkum) Kejagung Noor Rachmad di Jakarta, Jumat (21/10), membenarkan adanya penetapan tiga tersangka tersebut. "Penetapan tersangka Amat Sukur dan Sulaiman 29 September 2011. Sedangkan tersangka Puji baru 5 Oktober 2011," katanya.

Ia menjelaskan, penetapan mantan kabag keuangan sebagai tersangka terkait dengan masalah uang perjalanan, pengelolaan uang perjalanan dan pertanggungjawaban. Sedangkan kasubag verifikasi terkait dengan verifikasi pengelolaan uang. "Ketiganya belum ditahan dan sudah 12 saksi yang diperiksa," katanya.

Sebelumnya, kapuspenkum menyebutkan kasus tersebut terjadi pada 2009 saat Kementerian LH menganggarkan alokasi biaya perjalanan dinas di masing-masing satuan kerja secara variasi. Kemudian, kata dia, diduga ada kebijakan informal masing-masing pimpinan satker sehingga terjadi penggunaan uang anggaran perjalanan tersebut menyimpang atau tidak sesuai dengan peruntukannya. "Selanjutnya untuk pertanggungjawabannya tidak dilengkapi bukti pertanggung jawaban yang valid atau ada yang fiktif," katanya. (Ant)

1994+ai
Bookmark and Share
Komentar Kabar
Kirim Komentar